MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UPB PONTIANAK KUNJUNGI PDAM TIRTA KHATULISTIWA

06 Juni 2012 Leave a Comment


Pontianak, (6/06) 20 orang mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Panca Bhakti Kota pontianak, melakukan kunjungan belajar ke PDAMTirta Khatulistiwa Kota Pontianak dan Pusdiklat Perpamsi DPD Kalbar. Kehadiran para mahasiswa ini untuk mengetahui Bagaimana proses pengolahan air yang dilakukan oleh PDAM, dari mulai air baku hingga mengalir ke rumah tiap pelanggan melalui jaringan instalasi pipa.
Kunjungan mahasiswa ini didampingi dua orang Dosen pembimbingnya, masing – masing Ir. Jainal Wahyu dan Ibu Sondang SM.ST. Dari PDAM para mahasiswa menerima penjelasan seputar proses pengolahan air, termasuk diantaranya proses uji laboratorium yang disampaikan langsung oleh Kepala seksi Laboratorium bagian Produksi Muchdar Has.
Satu demi satu mesin – mesin pengolahan air milik PDAM diperlihatkan kepada mereka untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang bagaimana sesungguhnya air baku dari sungai kapuas disedot dengan pompa berkapasitas tinggi dan dimasukan ke dalam Instalasi pengolahan air (IPA). Dari bagian IPA selanjutnya air yang telah di olah tersebut akan masuk ke dalam bak reservoir (kolam penampungan) dan seterusnya akan mengalir ke rumah para pelanggan melalui jaringan pipa.
Sepintas proses pengolahan air itu memang terkesan sederhana, namun dalam menjalankan proses tersebut memerlukan keahlian khusus dengan perhitungan-perhitungan tertentu dari petugas yang melakasanakannya. PDAM Tirta Khatulistiwa sampai dengan saat ini memiliki 70.000 lebih pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah kota Pontianak. Untuk melayani pelanggan sebanyak itu, PDAM Pontianak memilik 5 IPA yang letaknya disesuikan dengan kordinat wilayah masing-masing pelanggan. 

“ini adalah pengalaman yang berharga dan sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa fakultas teknik sipil UPB, dimana dalam materi perkuliahan kami hanya diperkenal dengan teori-teori konstruksi untuk bangunan instalasi pengolahan air”, Ujar Wahyu, mahasiswa semester 6.

2 komentar »

  • Unknown said:  

    memang suatu pengalaman yang sangat jarang bisa kami dapatkan. terima kasih kepada PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak yang telah menerima kami dengan baik dan ramah.

  • Unknown said:  

    misi kn mw tanya kk dhela kemarin bearti ada peninjauan ke pdam kota pontianak utk melihat proses detail pengolahan air ya ? masih simpah file ny ngk kk boleh pinjam utk tugas kuliah saya