UNTUK BELAJAR EPANET “JARAK JAUH BUKAN HALANGAN DAN NYASAR PUN SEBUAH TANTANGAN”

11 April 2012 Leave a Comment

Pontianak, (11/04) Sejumlah Direktur PDAM dari wilayah Indonesia Timur turut serta mengikuti pelatihan Epanet yang di gelar Pusdiklat Perpamsi DPD Kalbar di ruang aula PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak. Dari 21 orang peserta, setidaknya ada 5 orang Direktur yang mengikuti pelatihan dan beberapa diantaranya sekaligus membawa staff dan kabag Tekniknya.

Dalam pelatihan Epanet kali ini, para peserta menerima materi GIS (Geographic Information system) langsung oleh Instruktur dari OASEN (Perusahaan air minum dari Belanda) Arjan dan Folko Vaatstra. Pemaparan yang disampaikan oleh Folko disimak dengan serius oleh para peserta, sambil melontarkan sejumlah pertanyaan tentang berbagai permasalahan yang dihadapi di PDAM nya masing – masing. Folko mempresentasikan materinya dalam Bahasa Inggris yang diterjemahkan langsung oleh salah seorang Instruktur Pusdiklat, Bambang Kushariadi.


GIS adalah singkatan dari Geographic Information System atau system informasi geografis. GIS merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk mengelola (input, manajemen, dan output) data spasial atau data yang bereferensi geografis. Setiap data yang merujuk lokasi di permukaan bumi dapat disebut sebagai data spasial bereferensi geografis. Misalnya data kepadatan penduduk suatu daerah, data jaringan atau saluran dan sebagainya.


GIS dipergunakan untuk penggambaran, editing, monitoring dan evaluasi jaringan perpipaan dan data pelanggan dengan menggunakan peta digital yang bergeoreferensi dengan sistim komputerisasi. GIS dilakukan mengingat data-data jaringan perpipaan dan data pelanggan merupakan salah satu “Aset” terbesar PDAM yang berpengaruh besar dalam menunjang kegiatan operasional PDAM serta berkaitan juga dengan kinerja perusahaan. Seluruh data-data jaringan dan pelanggan manual dikomputerisasi sehingga datanya aman, lebih didayagunakan, cepat dan akurat dalam pemberian informasi.

Mengutip berbagai cerita dari para Direktur PDAM yang ikut pelatihan Epanet angkatan ke X ini. Tidak tanggung – tanggung perjalanan yang harus mereka tempuh dari wilayah timur Indonesia hingga ke Kota Pontianak, karena selain gonta – ganti pesawat, harus menunggu berjam – jam ketika transit di tiap Bandara yang mereka singgahi.

Seperti yang dialami Direktur PDAM Fakfak Propinsi Papua Barat, Lulun. Dari Fakfak dirinya harus naik pesawat ke Ambon terlebih dahulu, setelah transit 1.5 jam kemudian naik lagi menuju Makassar, transit selama 2 jam sebelum menuju Jakarta. Di Jakarta ia harus menginap satu malam dan besok paginya baru melanjutan perjalanan ke Kota Pontianak. Dari Fakfak ia harus naik turun pesawat sebanyak 4 kali baru tiba di kota tujuan untuk belajar Epanet. Demikian pentingnya memahami program Epanet bagi Pak Lulun, hingga jarak yang sedemikian jauh bukanlah sebuah hambatan untuk menuntut Ilmu, demi kemajuan PDAM yang dipimpinnya.



Berbeda halnya dengan Pak Lulun, Dirut PDAM Kolaka Utara Jumadi, sampai nyasar naik pesawat ke Palangkaraya Kalimantan tengah, padahal tujuannya ke Kota Pontianak Kalimantan Barat. Kondisi seperti itu tidak menyurutkan niat belajar Epanet Pak Dirut, dimana ke esokan harinya ia kembali lagi ke Jakarta dan melanjutkan perjalanan ke Kota Pontianak.

Pengalaman perjalanan jauh seperti yang dialami Pak Lulun dan Dirut dari PDAM Kolaka Utara juga dialami oleh sejumlah peserta yang lain, seperti Direktur Utama PDAM Halmahera Utara Jerry Joel. BE.SE. Dirut PDAM Wakatobi H. Mane. ST. dan Dirut PDAM Kolaka Kendari, Drs. Ahmael Peokan. Hal serupa juga dialami oleh peserta yang lain, seperti dari PDAM Tidore, PDAM Duasaudara Bitung, PDAM Kota Ternate, PDAM Donggala, PDAM Minahasa dan PDAM Sragen.Berikut ini adalah nama seluruh peserta Pelatihan Epanet dengan Integrasi GPS dalam Perencanaan Jaringan Perpipaan:

DAFTAR NAMA PESERTA PELATIHAN PROGRAM EPANET

DENGAN INTEGRASI GPS DALAM PERENCANAAN JARINGAN PERPIPAAN ANGKATAN X

TANGGAL 10 - 12 APRIL 2012

No

NAMA

INSTANSI

JABATAN

1

SUTRISNO

PDAM KAB. SRAGEN

KASUBAG EVALUASI & PELAPORAN

2

TRIYOGA

PDAM KAB. SRAGEN

KABAG PRODUKSI

3

AMBAR TRISNAWATY

PDAM KAB. SRAGEN

STAF BAG. PRODUKSI

4

PATTRICK GENDA, ST, MT

PDAM KAB. DONGGALA

STAF PERENCANAAN

5

NOVRI GIMON, S.Sos

PDAM KOTA TERNATE

KASI PERENCANAAN TEKNIK

6

DENNY A. WULLUR

PDAM KAB. MINAHASA

KABAG TEKNIK

7

ACHMAD SUTRISNO

PDAM KAB. NUNUKAN

STAF PERENCANAAN

8

JERRY JOEL, BE, SE

PDAM HALMAHERA UTARA

DIRUT

9

JOHNI TEGELANG

PDAM HALMAHERA UTARA

KABAG TEKNIK

10

FARID M. ISKANDAR

PDAM HALMAHERA UTARA

KASI PERENCANAAN TEKNIK

11

RAYMOND LUNTUNGAN, ST

PDAM DUASAUDARA BITUNG

DIRTEK

12

JOHNY B. ENDEY

PDAM DUASAUDARA BITUNG

PELAKSANA PERENCANAAN

13

Drs. AHMAD PEOKAN

PDAM KOLAKA

DIRUT

14

H. MANE, ST

PDAM WAKATOBI

DIRUT

15

HS DWI HABIBI, SE

PDAM KOTA SINGKAWANG

STAF PERENCANAAN

16

FIRMAN MUKARYA

PDAM KOTA TIDORE

KASI PRODUKSI

17

ABAS MUSA

PDAM KOTA TIDORE

KASI PERENCANAAN TEKNIK

18

SUHARTONO

PDAM KAB. KETAPANG

STAF PERENCANAAN

19

JUMADI, S.Sos

PDAM KOLAKA UTARA

DIRUT

20

L. IMAN SANTOSO, ST

UMUM

21

LULUN JUNARTO, SE

PDAM KAB. FAKFAK

DIRUT



0 komentar »