Tingkatkan kemampuan instruktur, Training Center Perpamasi Kalbar Libatkan PUM Netherland Senior Expert

04 Juli 2012 Leave a Comment

Pontianak, (4/07) Sejalan dengan misi yang ingin dicapai antara OASEN (lembaga air minum dari Belanda) dan Training Center (TC) Perpamsi DPD Kalbar, untuk mewujudkan sebuah lembaga pelatihan yang profesional dan mampu menjawab berbagai tantangan ke depan. Pada bulan Juni 2012 ini TC melibatkan PUM Neherland Senior Expert atau Organisasi non-profit yang berkedudukan di Belanda, untuk melatih dan memberikan Training the trainer (TOT) kepada sejumlah Instruktur yang bernaung dibawah TC. 
Jalinan kerjasama tersebut diawali dengan kedatangan seorang tenaga ahli dari PUM Mr. Co Leuven (Contry Coordinator Indonesia Java dan Kalimantan), untuk melihat seperti apa kesiapan TC mengembangkan diri menjadi sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan seperti yang dicita-citakan.

Setelah perwakilan dari PUM kembali ke Belanda, barulah diputuskan seorang tenaga ahli yang dianggap cocok untuk memberikan Training of Trainer kepada para Instruktur TC Perpamsi DPD Kalbar, dimana yang terpilih adalah Mr. Henk Nuijten. Bapak 1 anak yang akrab dipanggil Pak Henki ini, memiliki pengalaman lebih dari 30 th dan sudah tidak asing lagi bagi TC, karena beliaulah orang yang pertama kali merintis berdirinya Training Center (TC) bersama teman-teman lainnya di PDAM Kota Pontianak. PUM Netherland Senior expert sendiri, memiliki perwakilan di Kalimantan barat yang saat ini diwakili oleh Bambang Kushariadi, dan bertugas menjalankan program PUM untuk menyeleksi lembaga pemohon bantuan dari 80 bidang kegiatan. Lewat beliulah TC berhasil mendatangkan Henk Nuijten untuk menggembleng tenaga trainer yang dimiliki TC.
PUM Netherland Senior Expert adalah Organisasi non profit yang kegiatannya memberikan bantuan tenaga ahli dari orang – orang yang memiliki pengalaman kerja lebih dari 30 tahun dari berbagai latar belakang profesi di Seluruh Dunia. Mereka dengan sengaja mengabdikan dirinnya untuk membantu para pelaku usaha di negara - negara berkembang khususnya usaha kecil dan menengah yang ingin mengembangkan diri. Mereka dengan sukarela mengabdikan pengalamanya untuk menciptakan Dunia yang lebih baik.
PUM memiliki jaringan sangat luas di seluruh Dunia dan lebih dari 3.200 orang relawannya sudah menangani lebih dari 2000 jenis proyek setiap tahun. Para ahli di PUM meng-aplikasikan pengetahuan dan pengalaman mereka yang terakumulasi dari sepanjang karir mereka untuk membimbing pelaku usaha di 70 negara di Dunia. 
Kehadiran mereka bersama pelaku usaha dan lembaga lainnya di Indonesia, harus diawali dengan mengajukan permohonan melalui sebuah proposal dan nantinya akan dipelajari terlebih dahulu untuk menentukan tenaga ahli seperti apa yang sesungguhnya diperlukan oleh lembaga yang bersangkutan.
Mengawali kegiatannya di TC Kalbar, Pak Henki mengajak seluruh Instruktur yang ada di TC untuk berdiskusi tentang hal apa saja yang selama ini menjadi kendala bagi terselenggaranya sebuah kegiatan pelatihan. Setelah menampung segala masukan yang disampaikan oleh para Instruktur dan staff, pada hari Jum’at Tgl 22 Juni pekan lalu, Kegiatan dimulai dengan memberikan Train the Trainer kepada seluruh Instruktur.

Diahadapan sejumlah Intruktur dan dan calon Instruktur dipaparkannya, memperkenalkan diri adalah sebuah keharusan bagi seorang trainer, karena setiap peserta yang akan menerima materi tidak akan menyimpan keraguan ketika mendengarkan penjelasan kita, tentang siapa dirinya dan seperti apa pengalaman yang dimilikinya. Setelah memperkenalkan diri, dilanjutkan kepada para perserta untuk memperkenalkan diri mereka juga, guna menjalin keakraban antara sesama peserta dan pemberi training. “Seorang Trainer harus yakin bahwa dirinya akan memberikan Ilham dan motivasi tentang program atau pelajaran yang disampaikan,” tegas Pak Henki. 

Bertepatan dengan jadwal kegiatan pelatihan pemasangan dan penyambungan pipa PVC, HDPE dan Gip/Steel pada Tgl 26 Juni 2012. Pak Henk mengikuti dengan cermat, materi demi materi yang disampaikan oleh para Instruktur kepada para peserta. Pelatihan Pemasangan dan Penyambungan Pipa PVC, HDPE dan Gip/Steel angkatan ke X di ikuti oleh 18 orang peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Bali, Banjarmasin, Kendal, Kota Waringin Timur, Ketapang, melawi dan Pontianak.
Peserta mengaku puas dengan materi praktek dan teori yang disampaikan oleh para Instruktur, karena banyak hal baru yang selama ini tidak mereka ketahui atau bahkan sudah tahu tetapi diabaikan, seperti Kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Setelah mengikuti pelatihan, mereka akan Implementasikan di lingkungan kerja mereka masing-masing.







0 komentar »