Undangan Pelatihan Program Epanet dengan Integrasi GPS dalam Perencanaan Jaringan Perpipaan Angkatan 10

26 Maret 2012 Leave a Comment

A. Latar Belakang

Terbatasnya sumber daya air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus bertambah, menuntut kita semua untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kemampuan dalam merencanakan sebuah system jaringan transmisi dan distribusi yang efektif dan efisien serta dapat mengantisipasi kemungkinan pengembangan jaringan dan perencanaan dalam jangka panjang

Dalam merencanakan suatu jaringan perpipaan perlu dilihat beberapa hal seperti perkiraan kebutuhan air yang dihubungkan dengan pertumbuhan penduduk, pemanfaatan sumber air dan rencana pengembangan dimasa yang akan datang.

Untuk memudahkan perhitungan, dan pengambilan keputusan yang cepat diperlukan program komputer dan GPS. Program Epanet merupakan salah satu dari program perhitungan perpipaan yang berkembang pesat dengan sistem window dan kemudian data dari GPS diintegrasikan kedalam perhitungan Epanet.

B. Tujuan Pelatihan

1. Peserta dapat menghitung Proyeksi Penduduk

2. Peserta dapat menghitung Kebutuhan Air

3. Peserta dapat merencanakan Dimensi perpipaan

4. Peserta dapat mengoperasikan program Epanet

5. Peserta dapat mengintegrasikan dan mengaplikasikan alat GPS pada Program Epanet

C. Peserta Pelatihan

Staf teknik PDAM, Staf perencanaan dan pengawas Dinas Terkait, Konsultan, dan Kontraktor yang familiar dengan komputer.Untuk lebih efektif dan fokus dalam pelatihan, maka jumlah peserta dibatasi maksimal 20 orang dan membawa Laptop (jika ada). Peserta akan diberikan progam Epanet secara gratis.

D. Instruktur

Instruktur berasal dari Pusdiklat Perpamsi DPD Kalbar yang sangat berpengalaman yang mendapat rekomendasi dari OASEN – Belanda yaitu: AFANDI, ST (Plt. Direktur Teknik), NOVI DHARMAWAN, ST(Staf Ahli), RULI H.E, ST.MT. (Kabag. Produksi), ABDULLAH, S.ST. (Kasi. Litbang) dan ISNEINI S.ST. MT. (Kasi. Perencanaan).

E. Waktu Pelaksanaan

Hari/Tanggal : Selasa 10 April Kamis 12 April 2012

Tempat : Pusdiklat Perpamsi DPD Kalbar

Jl. Imam Bonjol No.430 Pontianak, Kalimantan Barat

F. Biaya dan Fasilitas Pelatihan

1. Paket A : Rp. 2.350.000,-/orang (termasuk akomodasi hotel)

Peserta mendapat seminar kit, modul, CD Program Epanet Ver 2.0, sertifikat, breakfast, coffee break, makan siang dan makan malan.

0 komentar »