PUSDIKLAT PERPAMASI DPD KALBAR GELAR PELATIHAN EPANET

16 Februari 2012 Leave a Comment

Pontianak, (14/02). Pusdiklat Perpamsi DPD Kalbar kembali menyelenggarakan Pelatihan Program EPANET dengan Integrasi GPS dalam Perencanaan Jaringan Perpipaan di Ruang Aula PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak. Pelatihan EPANET ini berlangsung dari Tgl 14 – 16 Februari 2012.

Program Pelatihan secara resmi dibuka Oleh Kepala Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Bersih (BPPSPAM) Kementrian Pekerjaan Umum Ir. M. Rachmad Karnadi, MT. Yang kebetulan sedang berkunjung ke Pontianak dalam rangka mendukung Persiapan Investasi strategis PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak untuk tahun 2012 ini.

Selain dari BPPSPAM hadir juga pada acara pembukaaan, Direktur PDAM Tirta Khatulistiwa Ir. R. Agus Sutiyoso M.Si dan Direktur Teknik Afandi, ST.

Usai membuka acara program pelatihan Kepala BPPSPAM Ir. M. Rachmad Karnadi, MT. Menyebutkan, masih banyak PDAM lain di Indonesia yang belum memanfaatkan bantuan program restrukturisasi hutang dari pemerintah, dengan berbagai alasan yang sebenarnya bisa diatasi dengan komitmen tertentu dari masing – masing PDAM.

Dijelaskan Rachmad, tinggal sedikit persoalan yang perlu diselesaikan menyangkut restrukturisasi hutang PDAM di seluruh Indonesia. Sebab masih ada sekitar 205 PDAM di Indonesia yang belum menyampaikan restrukturisasi hutangnya, sementara 30 PDAM lainnya sudah berhasil melunasi hutang, termasuk PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak.

Di tempat terpisah Direktur Teknik PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak, Afandi, ST menyatakan, Pelatihan Program EPANET dengan Integrasi GPS dalam perencanaan jaringan perpipaan, guna memudahkan petugas PDAM untuk menghitung jaringan perpipaan yang berbasis komputerisasi. Sistem komputer yang digunakan memakai sistem Windows yang di integrasikan dengan sistem navigasi berbasis radio dan mampu menyediakan informasi posisi koordinat tertentu, atau lebih dikenal dengan sistem GPS.


“Pada intinya pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan PDAM di Indonesia, khususnya dalam perencanaan jaringan pipa”. Tegasnya.

Selain pelatihan Program EPANET, Pada bulan ini, tepatnya tanggal 28 februari 2012 Pusdiklat Perpamsi DPD Kalbar juga menyelenggarakan Pelatihan pemasangan dan penyambungan pipa PVC, HDPE dan GIP/STEEL.



Berikut Nama - nama Peserta Pelatihan Program Epanet dengan Integrasi GPS dalam perencanaan jaringasn perpipaan angkatan IX:

1

I GEDE T. BAKTIYASA, SH

PDAM KAB. KARANGASEM (BALI)

2

I GEDE DARSANA, SH

PDAM KAB. KLUNGKUNG (BALI)

3

I KETUT KARNATA, ST

PDAM KAB. KLUNGKUNG (BALI)

4

JEFRI OCTAVIANUS T, ST

PDAM KOTA PALOPO

5

VICKY SILINAUNG

PT. AIR MINUM MANADO

6

JUNAIDI

PDAM KAB. POLMAN SULBAR

7

ANDI NURHAERATI ASTHA, ST

PDAM KAB. WAJO SULSEL

8

M. YAZID

KONSULTAN PONTIANAK

9

DWI ISTRIONO

KONSULTAN PONTIANAK

10

SUKARDANI

PDAM KAB. KUBU RAYA

11

M. ARSYAL

PDAM KAB. KAPUAS HULU

12

DAVID

PDAM KAB. KAPUAS HULU

13

SETIONO, A.Md

PDAM TIRTA KHATULISTIWA KOTA PTK

14

TONI JAYADI

PDAM TIRTA KHATULISTIWA KOTA PTK

15

ADRIANI

PDAM TIRTA KHATULISTIWA KOTA PTK

16

EKO HADI, A.Md

PDAM TIRTA KHATULISTIWA KOTA PTK

17

RUDIYANTO

PUSDIKLAT



0 komentar »