MENGUNDANG REKAN - REKAN PRAKTISI DAN KONSTRUKSI DIBIDANG PERPIPAAN UNTUK IKUT PELATIHAN BERSERTIFIKAT NASIONAL PEMASANGAN DAN PENYAMBUNGAN PIPA

21 Februari 2012 Leave a Comment

Sejak diakui sebagai Badan Sertifikasi Keterampilan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional pada tanggal 7 April 2009, BSK Pusdiklat Perpamsi Kalimantan Barat telah melakukan pelatihan pemasangan perpipaan sebanyak 8 kali dengan sertifikat Nasional (SKTK) dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) Bidang Tata Lingkungan Sub Bidang Perpipaan.

Pelatihan ini sebagai implementasi dari amanah undang-undang No. 18 tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi, agar setiap tenaga teknik jasa konstruksi wajib memilik sertifikat keterampilan kerja (SKTK) sebagai bentuk pengakuan kompetensi tenaga teknik jasa konstruksi yang pada akhirnya diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas hasil pekerjaan konstruksi di Indonesia. Dimana Pada saat ini SKTK merupakan syarat mutlak bagi tenaga teknik perpipaan untuk dapat bekerja dibidang konstruksi.

Sebagai komitmen dan respon kami dari besarnya keinginan masyarakat untuk menambah keterampilan teknis dibidang konstruksi perpipaan, dimana setiap kegiatan pelelangan bidang tata lingkungan mulai mensyaratkan adanya sertifikat keterampilan kerja dibidang perpipaan, maka pada bulan Pebruari ini Pusdiklat Perpamsi DPD Kalbar kembali menggelar pelatihan pemasangan dan penyambungan pipa PVC, HDPE dan Gip/Steel.

BSK Pusdiklat DPD Perpamsi Kalbar juga menjalin kerja sama dengan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melalui Nota Kesepahaman pada tanggal 29 April 2010 mengenai SKTK mencakup 6 bidang kompetensi yang terdiri atas:

1) Bidang Arsitektur sebanyak 19 Sub Bidang, 2) Bidang Sipil sebanyak 41 Sub Bidang, 3) Bidang Mekanikal sebanyak 12 Sub Bidang, 4) Bidang Elektrikal sebanyak 10 Sub Bidang, 5) Bidang Tata Lingkungan sebanyak 13 Sub Bidang, dan 6) Bidang Lain-Lain sebanyak 6 Sub Bidang.

Pola sertifikasi yang diselenggarakan oleh BSK Pusdiklat DPD Perpamsi Kalbar melalui 2 jalur yaitu:

1. Pelatihan yang diakhiri dengan uji kompetensi (untuk masyarakat umum)

2. Pembekalan yang diakhiri dengan uji kompetensi (untuk tenaga teknik yang berpengalaman/perpanjangan SKTK).

Sementara itu Menurut Afandi,ST selaku Kepala BSK, untuk menunjang kegiatan tersebut BSK Pusdiklat DPD Perpamsi Kalbar memiliki tenaga assesor dan instruktur yang berpengalaman dibidangnya dan juga dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan penunjang terlengkap dibidang tata lingkungan. Selain itu pelayanan yang cepat dan memuaskan merupakan prioritas utama karena BSK Pusdiklat DPD Perpamsi Kalbar merupakan institusi pusat yang artinya bahwa segala hal yang berkaitan dengan sertifikasi dapat langsung diselesaikan di BSK Pusdiklat DPD perpamsi Kalbar.Dalam penyelenggaraan pelatihan ini peserta mendapatkan materi melalui teori-teori mengenai jenis-jenis pipa, cara pemasangan pipa, dan alat penyambung perpipaan dengan alat las HDPE, kemudian mempraktekkan langsung mengenai penyambungan perpipaan, penyambungan SR (sambungan rumah), dan pengetesan tekanan pipa.

Tempat dan Waktu pelaksanaan:

Tempat dan kegiatan pelatihan berlangsung di bengkel pusdiklat Perpamsi DPD Kalbar di Jl. Imam Bonjol No. 430 Kota Pontianak. Pelaksanaan kegiatan Pelatihan berlangsung dari Tgl 28 s/d 1 Maret 2012

Biaya dan Fasilitas petatihan:

Biaya`Paket A.Rp 2. 350.000,-/orang (termasuk akomodasi Hotel dan transportasi) Peserta mendapatkan seminar kit, Modul, sertifikat, coffe break, dan makan siang selama pelatihan.

Biaya Paket B.Rp 1. 600. 000;-/orang (tidak termasuk akomodasi hotel dan trnsportasi) Peserta mendapatkan seminar kit, modul, sertifikat, cofee break, dan makan siang selama pelatihan.

Bagi yang berminat atau yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dapat datang langsung ke BSK Pusdiklat DPD Perpamsi Kalbar Jl. Imam Bonjol No. 430 Pontianak atau dapat menghubungi :

Diah : Telp. 0561-7533464 Telp/Fax. 0561-749041

Yusuf Soufi : Telp. 0561-7535 878

Email : tec.perpamsiptk@yahoo.com

Website : www.tec-perpamsikalbar.blogspot.com






0 komentar »