EPANET DAN MANFAATNYA BAGI TUKANG LEDENG

14 Desember 2011 Leave a Comment

Pontianak, Pusdiklat Perpamsi DPD Kalbar (14/12) Hari ke dua pelatihan Epanet dengan integrasi GPS, para peserta menerima materi Instalasi program dan pengenalan dasar program Epanet. Materi ini disampaikan oleh Instruktur Novi Dharmawan ST. Yang merupakan Instruktur tetap di Pusdiklat Perpamsi DPD Kalbar. Setelah peserta berhasil melakukan Install program Epanet, meteri dilanjutkan dengan pengenalan Desain jaringan perpipaan sederhana dengan Program Epanet.

Epanet merupakan sebuah porgram permodelan hidrolika jaringan dibawah operasi Windows yang direlis oleh United State Enviromental Protection Agency (USEPA).

Epanet adalah program komputer yang menggambarkan simulasi hidrolis dan kecenderungan kualitas air yang mengalir di dalam jaringan pipa.

Epanet menjajaki aliran air di tiap pipa, kondisi tekanan air di tiap titik dan kondisi konsentarsi bahan kimia yang mengalir dalam pipa selama periode pengaliran. Sebagai tambahan, usia air (water age) dan pelacakan sumber juga dapat disimulasikan.

Epanet dijalankan dalam lingkungan windows. Epanet dapat diintegrasikan untuk melakukan editing dalam pemasukan data. Running simulasi dan melihat hasil running dalam berbagai bentuk. Sudah termasuk kode-kode yang berwarna pada peta, tabel data, grafik, dan citra kontur.


Beberapa keunggulan dari program Epanet ini diantaranya, Mampu menganalisa pada penempatan jaringan, Terdapat pilihan formula HW, DW atau CM dan minor Losisnya, Model pompa dengan kecepatan konstan maupun variabel.















Tujuan utama dari pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat memahami arti penting pembuatan pemodelan epanet dalam sistem jaringan pipa dan penerapannya. Kemudian peserta juga mampu membuat pemodelan jaringan menggunakan epanet dan mensimulasikannya dengan benar, selanjutnya peserta dapat meginterpretasikan hasil simulasi jaringan serta memecahkan masalah dalam proses pembuatan pemodelan jaringan Epanet.


0 komentar »