DPD Perpamsi Kalbar Gandeng Oasen Belanda

18 Maret 2008 Leave a Comment

PENINGKATAN SDM PEGAWAI PDAM

Peningkatan dan pengembangan kemampuan pegawai PDAM di Kalbar menjadi salah satu prioritas program DPD Perpamsi Kalimantan Kalbar, tak tanggung-tanggung DPD menggandeng Oasen Holland. Kerjasama ini meliputi pendidikan dan pelatihan bidang poroduksi, distribusi, management, administrasi keuangan serta kepegawaian.

Ketua DPD Perpamsi Kalbar, H. Sulaiman usai penandatanganan MoU kerjasama Bantuan Teknis Pendidikan dan Pelatihan Bidang Pengelolaan Air Minum, Selasa (11/3), yang dilaksanakan di Gedung Training Center PDAM Kota Pontianak, mengatakan kerjasama ini merupakan bantuan dari Oasen Belanda yang semata – mata bertujuan untuk meningkatkan kemampuan PDAM di Kalimantan Barat serta mengembangkan PDAM melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi .

Kerjasama ini lebih difokuskan sebagai sarana transfer teknologi bidang air minum sesuai dengan kemajuan teknologi, dimana program ini merupakan kerjasama sukarela antara DPD Perpamsi Kalimantan Barat dengan Perusahaan Air Minum Oasen Belanda,ujar Sulaiman.

Hadir dalam acara tersebut, Walikota Pontianak, Dr.H. Buchary A Rahman, seluruh direktur utama PDAM se-Kalbar yang meliputi PDAM Kota Pontianak, PDAM Sanggau, PDAM Kapuas Hulu, PDAM Ketapang, PDAM Singkawang, PDAM Sintang, PDAM Melawai, PDAM Kabupaten Pontianak, PDAM Bengkayang maupun PDAM Provinsi Kalimantan Barat yang baru saja terbentuk. Program pendidikan dan pelatihan ini menurut Sulaiman, akan didasarkan pada kebutuhan masing – masing PDAM, ”Jadi pendidikan dan pelatihan yang diberikan dengan sistem tepat guna dan hasilnya dapat langsung dirasakan dalam praktek sehari-hari masing-masing pegawai,” ungkap Sulaiman lagi.



Hal yang sama juga diungkapkan Direktur Operasional Oasen Holland, Ing.H.Ardesch pada saat menyampaikan sambutannya.


Kerjasama yang akan berakhir sampai dengan tahun 2011 ini dikatakan Ardesch merupakan kerjasama lanjutan, sebelumnya Oasen juga telah memberikan bantuan pendidikan dan pelatihan terutama yang menyangkut masalah pelatihan jaringan perpipaan yang selama ini menjadi program Training Center PDAM Kota Pontianak.

“Kerjasama ini merupakan kerjasama lanjutan dibidang pendidikan dan latihan, diharapkan dengan adanya kerjasama ini akan semakin meningkatkan kemampuan pegawai PDAM yang ada di Kalimantan Barat,” ujarnya.

Dikatakan Ardesch, dengan pelatihan ini para pegawai di masing-masing PDAM yang dinaungi oleh DPD Perpamsi Kalimantan Barat juga dapat meningkatkan kemampuan managerial dalam pengelolaan air minum.

“Pegawai yang mengikuti pelatihan ini kelak mampu merencanakan, mengoperasikan dan melakukan pemeliharaan dari proses teknologi produksi sampai dengan distribusi,’ harapnya. Kerjasama ini juga mendapat respon positif dari Walikota Pontianak, dr.H. Buchary Abdurrachman yang juga owner PDAM Kota Pontianak, menurutnya kesempatan mendapatkan kerjasama dari Oasen Belanda ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Oasen Belanda merupakan perusahaan air minum yang sangat besar di Belanda, baik itu pengelolaan administrasi sampai dengan produksi dan distribusinya kepada pelanggan terbilang sangat baik. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan pihak Oasen memberikan ilmu pengetahuannya sehingga dapat dipelajari oleh pegawai PDAM untuk perbaikan kualitas, kuantitas dan kontinuitas pelayanan air bersih yang sampai di rumah pelanggan,” ujar Buchary.

Apalagi pelatihan yang diberikan dari pihak Oasen Belanda ini merupakan pelatihan yang diberikan secara cuma-cuma, “Untuk mencari pelatih – pelatih yang handal bukanlah hal yang mudah tentunya membutuhkan biaya yang sangat besar, Pemerintah Kota Pontianak sebagai owner PDAM Kota Pontianak sangat berterimakasih atas kerjasama pendidikan dan pelatihan ini,” terang Walikota lagi.



Untuk tahun 2008 ini, beberapa program pelatihan yang akan dilaksanakan yakni pelatihan dasar pipa transmisi, pelatihan management proyek, pelatihan pemeliharaan jaringan pipa distribusi PVC dan HDPE, pelatihan pengawasan distribusi, pelatihan program penurunan kebocoran, operasional dan pemeliharaan pompa, pemeriksaan kualitas air dan material filter, pelatihan dan pendidikan administrasi logistik dan gudang, pengenalan dan pemilihan meter air, pelatihan dan pendidikan pembuatan laporan keuangan, pelatihan dan pendidikan anggaran perusahaan serta teknik penyusunan corporate plan PDAM.

0 komentar »